Fakta Tentang Lumba -Lumba

www.haxims.blogspot.com

Rob Howes, penjaga pantai Selandia Baru dan tiga temannya tengah berenang di laut. Tiba-tiba, sekumpulan lumba-lumba jenis hidung botol mengepung mereka. Lumba-lumba memukul-mukulkan ekornya ke air. Howes heran, mengapa para lumba-lumba berprilaku ganjil?

Ternyata, ada ikan hiu raksasa sepanjang kira-kira tiga meter. Jika hiu menyerang, tamatlah riwayat mereka karena mereka jauh dari pantai. Ajaibnya, sekumpulan lumba-lumba berkawan dengan manusia. merek mengelilingi mereka seolah-olah memberi perlindungan. Lumba-lumba itu beraksi sekitar 40 menit, sampai ikan hiu pergi.

Lumba-lumba merupakan ikan yang cerdas. Tidak mudah mengukur kecerdasan lumba-lumba karena mereka menggunakan otak dengan cara berbeda dibanding manusia. Para ilmuwan mencatat, ada 10 fakta yang cool tentang lumba-lumba.

Fakta 1: Suka Membonceng
Lumba-lumba suka berenang mengikuti speed boat atau berloncatan di depan dan belakang speed boat. Mereka berenang secepat speed boat. Lumba-lumba pasifik putih dapat berenang dengan kecepatan sekitar 28 km/jam. Saat mengikuti speed boat, mereka lebih cepat lagi. Bagaimana mereka melakukannya? Speed boat menciptakan gelombang yang menekan air ke atas. Lumba-lumba berenang di antara gelombang dan mengikuti arus yang diciptakan speed boat. Jadi, lumba-lumba tidak perlu mengeluarkan energi untuk berenang, tetapi hanya membonceng mengikuti arus.

Fakta 2: Suara Bising
Lumba-lumba menggunakan suara untuk “melihat”. Mereka mengeluarkan suara dan mendengarkan pantulannya untuk mencari makanan dan navigasi. Saat berburu ikan, lumba-lumba mengeluarkan suara yang sangat bising sehingga membuat ikan kecil menjadi “kelenger”.

Fakta 3: Tulang Kaki
Jutaan tahun lalu, lumba-lumba memiliki kaki. Ilmuwan melihat ada dua potongan tulang panggul dalam kerangka lumba-lumba. Mungkin itu bekas tulang kaki. Beberapa ilmuwan menduga nenek moyang lumba-lumba berjalan di atas tanah.

Fakta 4: Gigi Runcing
Jika lumba-lumba memiliki dokter gigi, pasti dokternya akan sibuk. Beberapa jenis lumba-lumba memiliki gigi lebih banyak dan lebih panjang dibanding buaya. Ada jenis lumba-lumba yang memiliki gigi panjang sebanyak 250 buah. Namun lumba-lumba tidak suka menggigit manusia. Kamu tak pernah membaca berita ada lumba-lumba menggigit manusia, kan?

Fakta 5: Kerjasama yang Kompak
Kadangkala ribuan lumba-lumba berburu bersama-sama. Mereka berbaris mengepung mangsa. Area yang dikepung luas, kemudian diperkecil sehingga mangsa kebingungan, kemudian dimakan.

Fakta 6: Membantu Nelayan
Lumba-lumba sering berkerumun di sekeliling kapal nelayan sembari berloncatan. Mereka menuntun ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Di Brazil, lumba-lumba hidung botol memberi tanda ketika jaring nelayan telah penuh dengan ikan.

Fakta 7: Nama Panggilan
Lumba-lumba berkomunikasi dengan “peluit” dan menggunakan “nama” untuk mengidentifikasi satu sama lain. Beberapa ilmuwan menduga bahwa lumba-lumba memiliki tanda panggilan khusus dan menggunakan salam khusus ketika berpisah dengan kawannya.

Fakta 8: Bidan Penolong
Ketika induk lumba-lumba hendak melahirkan, seekor lumba-lumba berperan bagaikan bidan, yakni berjaga dan menolong persalinan. Setelah bayi lumba-lumba lahir, sang bidan membantu mengasuh bayi lumba-lumba.

Fakta 9: Suka Humor
Seperti manusia, lumba-lumba tampaknya suka berkelakar. Seekor lumba-lumba bernama Ake, diminta membantu membersihkan kolam. Ia membawa kotoran berupa daun atau potongan benda, kemudian diantarkan ke pelatihnya. Setelah kotoran di kolam habis, lumba-lumba membuatnya sendiri. ia mengelupas cat pada kolam, kemudian diantarkan ke pelatihnya sembari tertawa.

Fakta 10: Hidup di Air Tawar
Sebagian besar species lumba-lumba hidup di laut. Namun ada lima jenis lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (China) dan sungai Amazon dan Orinoco (Amerika Selatan).

Fakta 11: Lumba-Lumba Tidur Sebelah Mata
Sistem penglihatannya memang mengagumkan. Jika dibandingkan dengan penglihatan manusia, mata manusia tak dapat fokus di dalam air. Penglihatan kita akan kabur. Mata lumba-lumba ini layaknya kamera canggih yang memungkinkan mereka untuk dapat melihat dengan jelas di daratan maupun di air. Ini sangat diperlukan bagi lumba-lumba. 

Setiap kali muncul ke permukaan, lumba-lumba secara seksama memperhatikan pergerakan kawanan burung di sekitar mereka. Sebab, di tempat burung berkumpullah terdapat sekumpulan ikan. Beberapa jenis lumba-lumba harus naik ke permukaan untuk bernafas setiap 20 sampai 30 detik. Lumba-lumba berisitirahat dengan hanya mengaktifkan setengah dari otak mereka, dan mata nya terbuka sebelah.Lumba-lumba sangat tahu akan hal ini, dan memanfaatkannya untuk mencari mangsa dengan mudah. Desain istimewa mata lumba-lumba juga melindungi mata mereka dari air laut yang asin.Setiap mata lumba-lumba dapat berfokus pada satu titik yang berbeda pada saat bersamaan. 

Oleh karena itu, seekor lumba-lumba dapat melihat ke depan dengan satu mata untuk menentukan arah berenangnya sambil berjaga-jaga dari bahaya dengan mata yang lain. Bila perlu, lumba-lumba dapat menutup salah satu matanya dan mengisitirahatkan separuh otaknya. Selang beberapa lama, ia ganti melakukan hal yang sama pada mata dan separuh otaknya yang lain. Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam.


JENIS LUMBA-LUMBA yang hidup di perairan Indonesia www.haxims.blogspot.com :
1. Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates,Montagus 1821)
www.haxims.blogspot.com
2. Lumba-lumba totol (Stenella Attenuate,Gray 1846)
www.haxims.blogspot.com
 
3. Lumba-lumba paruhpanjang (Stenella longirostris, Gray 1828)
www.haxims.blogspot.com
 
4. Lumba-lumba bergaris (Stenella coeruleoalba, Meyen 1833)
www.haxims.blogspot.com
 
5. Lumba-lumba biasa (Delphinus Delphis, Linnaeus 1758)
www.haxims.blogspot.com
 
6. Lumba-lumba fraser (Lagenodelphis hosei, Fraser 1758)
www.haxims.blogspot.com
 
7. Lumba-lumba putih cina (Sousa Chinensis, Osbeck 1765)
www.haxims.blogspot.com
 

8. Lumba-lumba gigi-kasar (Steno Bredanensis, Lesson 1828)




 









9. Lumba-lumba abu-abu (Grampus Griseus, Cuvier 1812)
www.haxims.blogspot.com
 
10. Pesut (Orcaella brevirortris, Gray 1866)



sumber : http://haxims.blogspot.com/2010/06/fakta-tentang-lumba-lumba.html#ixzz0sFFQlh6R

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SourceFlame |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.