10 Rasi Bintang dan Mitologinya

Ilmu astronomi adalah salah satu cabang ilmu tertua,sudah berabad2 silam leluhur kita memiliki kemampuan tinggi dibidang astronomi.. bahkan peradaban2 kuno memberikan sumbangsihnya pada perkembangan ilmu astronomi,yang sampai saat ini masih tetap digunakan oleh astronomi modern.Rasi bintang yang kita kenal selama ini diambil dari kisah2 mitologi..

berikut 10 diantaranya


Taurus



Taurus dilambangkan dengan banteng. Rasi ini terletak antara Aries di sebelah barat dan Gemini di sebelah timur. Rasi ini cukup besar dan terlihat jelas dibagianlangit belahan bumi utara.Dalam mitologi Yunani, Taurus diidentikkan dengan Zeus, yang mengambil bentuk banteng putih untuk menculik Europa, putri Phoenix legendaris. Dalam ilustrasi, hanya bagian depan rasi bintang ini yang digambarkan.

Dalam mitologi Yunani ini kadang dijelaskan bahwa sebagian tubuh Taurus tenggelam saat ia membawa Europa ke laut.

Leo



Leo dalam bahasa Latin berarti singa.

Leo terletak di antara redupnya rasi Cancer di barat dan Virgo di timur.

Leo telah digambarkan sebagai seekor singa oleh berbagai peradaban selama ribuan tahun.

Salah satu penjelasannya adalah bahwa Matahari selalu berada diantara rasi tersebut pada periode pertengahan musim panas.Dan selama waktu ini singa-singa padang pasir Mesir menepi ke sungai nil di mana mereka bisa merasa terbebas dari panas di genangan air.Orang Mesir menyembah bintang Leo karena munculnya sungai besar mereka bertepatan dengan pintu masuk Matahari di antara rasi Leo

Gemini



Gemini dalam bahasa Latin berarti "kembar",

dan dikaitkan dengan si kembar Castor dan Pollux dalam mitologi Yunani.
Terletak di antara Taurus di barat dan Cancer yang redup di timur.

Gemini dikaitkan dengan mitos Castor dan Pollux, secara kolektif dikenal sebagai Dioscuri.

Secara umum menceritakan tentang pencurian ternak, dan mungkin dapat dihubungkan ke mitos yang menggambarkan bima sakti sebagai kawanan sapi perah.
Pada peta bintang, si kembar biasanya terlihat bersandar menjauh dari Bima Sakti. Tetapi kadang-kadang digambarkan dengan salah satu si kembar yang berada di galaksi Bima Sakti dan yang lain di luar, situasi menimbulkan kesan bahwa salah satu dari si kembar mencuri ternak, dan yang lainnya mengamati.


Cancer



Cancer dalam bahasa latin berarti kepiting.
Cancer rasi yang kecil dan memiliki bintang yang samar samar. Terletak di antara Gemini di sebelah barat dan Leo di timur.

Cancer sang kepiting, memainkan peran yang kecil dalam Dua Belas Tugas-tugas Hercules. Ketika hercules sibuk bertarung dengan monster berkepala banyak, Hydra.

Hera yang tidak suka pada Hercules, mengirim Kepiting untuk mengalihkan perhatiannya. Cancer berhasil mencapit kaki Hercules dengan cakarnya, tapi sama sekalitidak mengganggu pertarungannya dengan Hydra, dan Hercules pun menginjak kepiting itu dengan kakinya. Hera terharu dengan usaha heroik peliharaannya tersebut meskipun

usahanya menyedihkan. Kemudian ia pun memberikannya tempat dilangit. Tetapi tidak satu pun bintang-bintangnya terang karena kepiting itu gagal dalam menjalankan tugasnya.

Scorpio




Scorpio dalam bahasa Latin berarti kalajengking, terletak di antara Libra di sebelah barat

dan Sagittarius di sebelah timur. Ini adalah rasi bintang besar terletak di belahan bumi selatan dekat pusat Bima Sakti.

Dalam mitologi yunani Scorpio digambarkan dalam kisah seorang pemburu besar bernama Orion. Dia selalu berburu tengah malam bersama dewi pemburu, Artemis. Artemis pun jatuhcinta padanya. Saudara kembar laki2 Artemis, Apollo marah pada Orion karena mencintai adiknya. Apollo meminta pada ibunya Hera mengirimkan seekor Scorpio untuk membunuh Orion,Hera mengabulkan permintaannya dan Orion pun terbunuh. Artemis bersumpah tidak akan mencintai org lagi dan menangis meminta ayahnya Zeus penguasa langit untuk meletakkan konstelasi di langit untuk kekasihnya Orion. Dan begitu ia melakukannya, ia tidak hanya memberikan suatu konstelasi untuk Orion, tetapi juga untuk pembunuhnya, Scorpio. Dengan cara itu Artemis bisa selalu melihat cintanya.

Virgo



Virgo dalam bahasa Latin berarti perawan,

terletak di antara Leo di sebelah barat dan Libra di sebelah timur,
Virgo adalah rasi bintang terbesar kedua di langit. Rasi ini mudah ditemukan lewat bintangnya yang paling terang, Spica.

Orang-orang Yunani dan Romawi menghubungkan rasi ini dengan dewi gandum mereka, Demeter-Ceres, yang pada awal versi mitos adalah ibu perawan Proserpina-Persephone.

Ia kadang-kadang diidentifikasi sebagai dewi perawan Iustitia, memegang timbangan keadilan di tangannya sebagai konstelasi Libra. Pada abad pertengahan, rasi ini kadang-kadang dihubungkan dengan Bunda Maria.


Orion




Orion, sering disebut sebagai "The Hunter," adalah rasi bintang terkemuka yang terletak di ekuator langit dan terlihat di seluruh dunia.

Ini adalah salah satu yang terbesar, paling mencolok, dan paling dikenal di langit malam.
Namanya merujuk kepada Orion, seorang pemburu dalam mitologi Yunani.

Hampir sama seperti yang telah diceritakan pada bagian rasi Scorpio. Orion adalah seorang pemburu yang tewas oleh seekor Scorpio raksasa yang dikirimkan oleh Hera.

Zeus pun mengabadikannya di langit sebagai sebuah rasi bintang atas permintaan kekasihnya Artemis, bersama dengan Scorpio, makhluk yang membunuhnya.


Perseus



Perseus adalah salah satu rasi bintang di langit utara, diberi nama dari seorang pahlawan Yunani Perseus.

rasi bintang ini cukup terkenal dengan hujan meteor tahunannya pada bulan september (perseid).

perseus adalah seorang pahlawan yang legendaris, pendiri dari Mycenae, dimana terdapat dinasti perseid di dalamnya, dia adalah pahlawan mistik pertama dari mitologi yunani yang berani mengalahkan berbagai macam monster archaic.Perseus adalah pahlawan yang membunuh Medusa dan menyelamatkan Andromeda dari monster laut yang kemudian menjadi istrinya.



Sagitarius



Sagitarius nama latinnya berarti pemanah. Sagitarius biasanya digambarkan sebagai centaur yang sedang menarik busur panah. Dalam mitologi yunani, sagitarius digambarkan sebagai seorang centaur, setengah manusia setengah kuda. Pada beberapa legenda para Centaur Chiron adalah putra Philyra dan Saturnus, yang disebut sebut telah mengubah dirinya menjadi kuda untuk melarikan diri dari istrinya yang pemcemburu, Rhea. Chiron akhirnya hidup abadi dalam konstelasi Centaurus atau sagitarius. busur Panahnya menunjuk ke arah rasi bintang bintang Antares, di jantung rasi scorpio. Pisces

Pisces


Pisces adalah jamak bahasa Latin untuk ikan, terletak di antara Aquarius di sebelah barat dan Aries di sebelah timur. Menurut salah satu mitos Yunani, Pisces merupakan representasi dari Aphrodite dan putranya Eros yang dirubah menjadi ikan untuk menghindari dewa api Typhon. mereka diikat dengan tali pada ekor mereka, untuk memastikan mereka tidak kehilangan satu sama lain. atau bisa juga diartikan ikan kembar yang ditempatkan dilangit untuk menghormati perjuangan heroik mereka dalam usaha melarikan diri dari Typhon di sungai Efrat.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SourceFlame |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.