Latar Belakang Mitologi Jepang dalam Kisah Naruto

Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah tahu kalau sebagian dari kisah Naruto mengambil latar belakang mitologi Jepang, yup..! cerita tentang Biju seperti Kyubi, Ichibim Nibi dan lain sebagainya memang didasari oleh mitologi Jepang. Kamu pasti masih ingat dengan jurus-jurus yang dimiliki oleh Itachi yaitu tsukiyomi, amaterasu, dan susanoo… nah ternyata ketiga jurus itu juga diambil dari mitologi Jepang yaitu nama Dewa-Dewa tertinggi mereka.

Selain itu ada juga beberapa tokoh yang diambil dari mitologi tersebut, seperti Jiraya yang diambil dari tokoh mitologi yang bernama Jiraiya Goketsu Monogatari, Orochimaru, Tsunade, Sarutobi, Kusanagi Sword dan masih banyak lagi. Nah penasaran kan?
Mitologi Tsukiyomi, Amaterasu dan Susanoo.

Dalam kisah Naruto, tsukiyomi, amaterasu dan susanoo adalah nama-nama Jutsu yang dimiliki oleh Itachi, tsukiyomi adalah genjutsu tingkat tinggi, amaterasu merupakan ninjutsu yang dapat mengeluarkan api berwarna hitam dan tidak bisa padam (black flame), sedangkan susanoo adalah ultimate shield sekaligus jutsu serangan yang mematikan, namun dalam mitologi Jepang tsukiyomi, amaterasi dan susanoo merupakan nama 3 Kami (Dewa) yang tak lepas dari mitologi penciptaan dunia.

Dunia berawal dari Takamanohara, disanalah lahir berbagai Dewa-Dewa seperti Kotoamatsukami dan Kaminoyonanayo. Sedangkan Kami yang lahir paling akhir adalah dua bersaudara Izanagi (Izanaki) dan Izanami.

Dikisahkan kemudian Izanagi dan Izanami turun ke Ashihara no Nakatsu Kuni, mereka kemudian menikah dan akhirnya melahirkan pulau-pulau yang kini dikenal sebagai daratan Jepang yang disebut Yashima. Namun setelah melahirkan berbagai Dewa, Izanami tewas akibat luka bakar saat melahirkan Kagutsuchi (Dewa api), Izanagi pun kemudian membunuh Kagutsuchi. Setelah membunuh Kagutsuchi, Izanagi pergi ke negeri Yomi untuk mencari dan menyelamatkan Izanami. Namun Setelah berada di negeri Yomi, ternyata wujud Izanami berubah menjadi menakutkan sehingga Izanagi yang melihat sosok Izanami pun menjadi lari ketakutan.

Izanagi menjalani misogi (mandi) karena tidak suka dengan kekotoran (kegare) yang terbawa dari Yomi. Ketika melakukan misogi, Izanagi melahirkan pula sejumlah Kami, saat mencuci mata kiri terlahir Amaterasu (Dewa matahari, penguasa Takamanohara), saat mencuci mata kanan terlahir Tsukuyomi (Dewa bulan, penguasa malam), dan saat mencuci hidung lahir Susanoo (penguasa samudra). Ketiga Kami ini disebut Mihashira no Uzu no Miko, dan menerima perintah dari Izanagi untuk menguasai dunia.

Susanoo ingin pergi ke tempat Izanami di Ne no Kuni dan berteriak-teriak menangis hingga membuat kerusakan luar biasa di langit dan bumi. Susanoo akhirnya pergi naik ke Takamanohara yang diperintah Amaterasu. Kedatangan Susanoo salah dimengerti, Amaterasu menyangka Susanoo datang untuk merebut Takamanohara. Susanoo disambut Amaterasu dengan busur dan anak panah. Agar kecurigaan Amaterasu terhapus, dari setiap benda yang menempel di badan Susanoo lahir Kami yang jenis kelaminnya membuktikan kemurnian tubuh Susanoo. Amaterasu pun percaya dan mengizinkan Susanoo berada di Takamanohara. Namun Di sana Susanoo membuat keonaran lagi sampai Amaterasu bersembunyi di dalam gua Ama no Iwato. Amaterasu adalah dewa matahari, sehingga matahari tidak terbit selama Amaterasu bersembunyi. Para kami di Takamanohara menjadi susah hati. Amaterasu akhirnya keluar dari dalam gua setelah berhasil dikelabui. Susanoo yang sering membuat onar akhirnya diusir ke dunia bawah.

Susanno turun ke negeri Izumo. Setelah berhasil membunuh monster Yamata no Orochi yang suka merusak, Susanoo menikah dengan putri Kunitsukami. Cucu keturunan Susanoo bernama Ookuninushi menikah dengan putri Susanoo dan membangun negeri Sukunahikona dan Ashihara no Nakatsukuni. Menurut penjelasan nama tempat yang ada di buku Fudoki negeri Izumo, lokasi pembasmian Yamata no Orochi ada di distrik Ou (sekarang kota Yasugi, Prefektur Shimane), tapi bukan Susanoo yang menjadi pahlawan, melainkan Oonamuchi (Ookuninushi).


Yamata no Orochi

Masih ingat dengan monster ular yang memiliki 8 kepala dan 8 ekor yang keluar dari tubuh Sasuke ketika dia bertarung melawan Itachi? Nah dalam mitologi Jepang, monster tersebut adalah Bijuu ekor 8 yang lebih dikenal sebagai Yamata no Orochi. Dalam mitologi Jepang, Yamata no Orochi digambarkan sebagai sosok ular (naga) yang memiliki 8 ekor dan 8 kepala, matanya berwarna merah dan memiliki kekuatan jahat dari dunia iblis, setiap kepala dari Yamata no Orochi melambangkan jiwa, hantu, kejahatan, iblis, dunia setelah kematian, dan kematian

Kekuatan sebenarnya dari Orochi seharusnya tidak terlalu besar, bahkan cenderung lemah. Seorang anggota klan Kusanagi, ketika menyerangnya melakukan kecerobohan, menggunakan pedang legendaris Kusanagi no Tsurugi. Karena itu, sebagai konsekuensinya, Yamata no Orochi mengambil alih pedang itu dan menyerap kekuatan yang ada didalamnya dan menjadi mahluk yang amat kuat, dan akhirnya menyimpan semuanya didalam tubuhnya. Dengan kekuatan barunya, Orochi mengeluarkan kekuatan kegelapan yang amat besar sehingga membangunkan Bijuu yang lain, dan menjadi arogan. Orochi mengalahkan banyak Bijuu tetapi dia dikalahkan oleh Kyuubi (rubah ekor 9).

Yamata no Orochi pun akhirnya berhasil dibantai oleh Susanoo sang Dewa Samudra dan pedang Kusanagi berhasil dikeluarkan dari ekornya, dalam cerita Naruto juga dikisahkan monster 8 kepala dan 8 ekor yang muncul dari tubuh Sasuke dibantai oleh Jutsu dari Itachi yaitu Susanoo.


Jiraia, Tsunade, Orochimaru


Ternyata tokoh Jiraia, Tsunade dan Orochimaru tidak hanya ada di dalam kisah Naruto, tetapi juga dalam mitologi Jepang terdapat 3 nama tokoh ini. seperti dalam serial anime Naruto kalian pasti bisa menebak mana tokoh antagonisnya..?? yuup…!! Bener banget, Orochimaru! Ternyata nih orang dimana-mana selalu jadi antagonis…^^

Jiraia (dalam bahasa inggrisnya young thunder dalam bahasa indonesianya artikan sendiri ya…) merupakan tokoh utama dalam mitologi Jepang Jiraiya Goketsu Monogatari (kisah Jiraia sang pemberani) adalah seorang ninja (ya ninja….) yang menguasai sihir perubah wujud, sihir ini dapat membuat dirinya berubah wujud menjadi seekor katak raksasa (yah seperti Gamabunta kali ya?). Jiraia merupakan seorang ahli waris dari sebuah klan terkuat di Kyusu.

Dikisahkan Jiraia jatuh cinta dengan Tsunade, seorang puteri muda yang menguasai sihir siput (di kemudian hari Tsunade akhirnya menjadi istrinya Jiraia), sedangkan musuh bebuyutan dari Jiraia ini adalah Orochimaru yang notabene adalah mantan pengikut Jiraia yang berkhianat, seperti dalam kisah Naruto Orochimaru menguasai sihir ular.

Nama asli dari Orochimaru adalah Yashagorō dulunya dia adalah pengikut Jiraia yang sangat setia, namun setelah dia menguasai sihir naga dia berbalik menjadi penghianat. Jika Jiraia dapat mengubah dirinya menjadi seekor katak raksasa maka setelah menguasai sihir naga Orochimaru dapat mengubah dirinya menjadi seekor ular raksasa (naga)

Orochimaru kemudian menyerang Jiraia dan istrinya, dengan menggunakan racun yang mematikan akhirnya Orochimaru dapat mengalahkan mereka tapi untung saja nyawa keduanya dapat diselamatkan oleh pengikut-pengikutnya yang masih setia. Nama Orochi juga digunakan untuk menyebut makhluk legenda Jepang yang berbentuk ular dengan 8 kepala dan 8 ekor (Yamata no Orochi).

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SourceFlame |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.