Tzar Bom, Daya Ledaknya Terbesar di Dunia

Tsar Bomba (Царь-бомба) yang berarti Kaisar Dari Segala Bom adalah sebuah bom nuklir yang diciptakan oleh negara Uni Soviet. Tsar Bomb adalah proyek dari "Иван" (Ivan), pembuatan bom membutuhkan waktu selama 15 minggu dan diuji coba pada tanggal 30 Oktober 1961.
Bom ini diuji cobakan di sekitar Pulau Novaya Zemlya, Laut Artik[1]. Tsar Bomba memiliki berat sebesar 27 ton dan diangkut oleh pesawat TU-95 yang merupakan pesawat pengebom terbesar pada jamannya.
Ketinggian pelepasan bom adalah setinggi 34.500 feet, dan sewaktu meledak memiliki daya ledak sebesar 50 Megaton TNT yang sebanding dengan seluruh bom yang meledak pada Perang Dunia 2 dan dikalikan 10.
Awalnya, Tsar Bomba direncanakan memiliki daya ledak sebesar 100 Megaton TNT tetapi dibatalkan karena berdampak luas bagi Atmosfer. Ledakan dapat terlihat sampai 1.000 km dari tempat peledakan.
Ketinggian Jamur Api yang dihasilkan oleh bom ini setinggi 64 kilometer, ionisasi dari ledakan menyebabkan gangguan radio komunikasi selama berjam-jam. Parasut digunakan untuk mencegah bom meluncur terlalu cepat. Bom Tiruan disimpan di Sarov.

Foto hasil ledakannya :





Data-Data :


Negara
: USSR / UNI SOVIET (sekarang dah bubar )


Nama Proyek : Ivan (Bukan Ivan gunawan lho)

Waktu Proyek
: 15 minggu (busyet… kita butuh berapa abad)

Waktu Uji Coba
: 30 Oktober 1961, 11.53am


Tempat Uji Coba : Sekitar Pulau Novaya Zemlya, Laut Artik

Berat Bom
: 27 Metric ton

Media Angkut
: Pesawat Pembom TU-95 Bear D (pesawat pembom terbesar pada zamannya)


Ketinggian Pelepasan Bom : 34.500 feet

Daya Ledak
: 50 Megaton TNT, sebanding dengan seluruh bom yg meledak pada Perang Dunia II dan dikalikan 10

Rancangan awal daya ledak
: 100 Megaton TNT dibatalkan karena berdampak luas bagi atmosfer


Ledakan terlihat hingga jarak : 1.000 km (kira2 klo meledaknya di bali, loe pada yg dijakarta, australia, kalimantan selatan bisa lihat ledakannya )

Lama Suara ledakan
: 49 menit

K
etinggian Jamur Api : 34.000 feet, ionisasi dari ledakan menyebabkan gangguan radio komunikasi selama berjam-jam

Accesoris
: Parasut, yg berguna untuk mencegah bom meluncur terlalu cepat (bisa mati sendiri tuh yg bawa bom klo lupa dipakein parasut bomnya )

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SourceFlame |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.