5 Makanan yang Bikin Ketagihan


Selama ini, kita tahu bahaya dari konsumsi alkohol, narkoba, dan rokok bagi kesehatan karena dapat menimbulkan efek adiksi atau ketergantungan yang sulit dihentikan. Namun, pernahkan Anda sadar bahwa beberapa jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga bisa menimbulkan efek ketagihan?
Berikut adalah lima jenis makanan yang dinilai paling adiktif dan dapat memengaruhi Anda untuk mengonsumsinya secara terus-menerus.

1. Cokelat
Banyak orang mengaku menjadi pencinta cokelat, tetapi tahukah bahwa Anda sebenarnya sudah kecanduan cokelat? Salah satu alasan banyak orang merasa "kecanduan" makan cokelat adalah karena makanan ini mengadung senyawa kimia (theobromine, phenyethylamine, anandamide, dan triptofan) yang memberikan kenyamanan dan dapat meniru efek obat untuk memengaruhi otak. Cokelat juga mengandung alkaloid (tetrahydro-beta-carbolines) yang hadir pada minuman beralkohol.

2. Keju
Berbagai penelitian telah menemukan adanya kandungan opiat (morfin yang sangat adiktif) dalam produk olahan keju. Penelitian menunjukkan, jumlah morfin pada keju sangat kecil dan mungkin tidak cukup untuk menyebabkan kecanduan. Namun, beberapa peneliti telah menyatakan keprihatinan mereka soal tingkat kasein (protein utama dalam keju) yang menghasilkan morfin atau senyawa seperti opiat yang disebut casomorphins. Selain itu, keju juga mengandung phenylethylamine (efek stimulan) dan terkenal memiliki kualitas adiktif.

3. Gula
Kita semua tahu bahwa gula sangat buruk bagi kesehatan, tetapi, menurut banyak penelitian, gula juga bisa termasuk zat adiktif.  Studi telah menyarankan, ketika kita mengonsumsi gula, bahan kimia yang disebut opioid dilepaskan oleh otak, yang menimbulkan rasa nikmat. Perasaan ini membuat seseorang selalu menginginkan gula.
Sebuah riset di Princeton University menyelidiki efek dari kecanduan gula pada hewan tikus. Mereka menemukan, setelah diberi makanan tinggi gula, tikus tersebut mengalami gejala seperti gemetar dan terdapat perubahan senyawa kimia pada otak setelah tidak diberi gula. Penelitian ini menyimpulkan, sangat mungkin untuk kita bergantung pada gula.

4. Burger dan daging olahan
Banyak penelitian membuktikan, lemak dalam junk food, seperti burger, sebenarnya bisa bersifat adiktif. Menurut Profesor David Kessler, mantan komisaris US Food and Drug, kombinasi dari lemak, garam, dan gula dalam junk food dapat memicu otak sampai pada "titik kebahagiaan" dan membuat kita menginginkan lebih.
Para ilmuwan di Scripps Research Institute Florida mendukung teori ini dengan melakukan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa respons adiktif dalam otak tikus ketika makan junk food sama seperti pada orang yang mengonsumsi kokain atau heroin. 

5. Kopi
Tak sedikit di antara kita yang mengaku sulit mengawali hari tanpa kehadiran secangkir kopi. Orang-orang juga sering bercanda kalau mereka sudah "kecanduan" kafein. Perdebatan mengenai adanya efek candu dalam kafein memang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Namun, apa pun alasannya, kafein tetaplah dijuluki "obat" paling populer di dunia dan menjadi suatu yang pokok dalam mengawali rutinitas sehari-hari.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SourceFlame |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.