10 Tempat Publik Yang Rentan Menularkan Kuman

1. Buku menu di restoran.
Apakah Anda mengira buku menu itu selalu dilap atau dicuci? Tentu tidak. Jangan heran bila sampulnya sudah menghitam dan berdebu. Sebuah studi menemukan bahwa virus flu dan pilek bisa hidup pada permukaan yang keras selama 18 jam. Untuk menghindari perpindahan virus ini ke tubuh Anda, segeralah mencuci tangan setelah membuka-buka menu untuk memesan makanan.

2. Majalah di tempat umum.
Anda tahu kan, biasanya salon, ruang tunggu di rumah sakit, atau kedai kopi, menyediakan majalah untuk pelanggan. Bayangkan bila Anda membaca majalah di ruang tunggu rumah sakit, yang tentunya habis dipegang-pegang oleh orang sakit. Padahal setelah Anda lihat, majalah itu terbitan tahun 2007. Hal yang sama sebenarnya terjadi juga pada majalah yang disediakan di perpustakaan. Semua majalah ini dipenuhi virus.

3. Video games.
Game arcade boleh dibilang menyimpan lebih banyak kuman daripada baki makanan, lantai di toko, atau pintu toilet di restoran. Berbagai peralatan di rumah Anda pun merupakan sarang kuman, seperti mouse komputer. Pernahkah Anda membersihkannya? Pernah. Apakah rutin? Belum tentu.

4. Counter kosmetik.
Meskipun sampel atau tester yang disediakan dibersihkan dengan alkohol, virus dan bakteri masih menetap di situ. Jadi ketika Anda sedang mencoba lipstik yang mahal dan mewah itu, sebenarnya Anda juga sedang mendapatkan sampel bakteri.

5. Wadah losion dan sabun. Tangan yang kotor langsung mengambil sabun, tempat shampo, atau losion Anda. Ketika tangan Anda sudah tercuci, Anda kembali memegang wadah tersebut untuk mengembalikannya ke tempat semula.

6. Gagang pintu dan stop kontak lampu.
Coba pikirkan seberapa sering Anda atau orang lain memegang dan memencetnya. Sudah berapa ribu kali jari-jari tangan yang kotor dan penuh kuman menyentuhnya?

7. Dapur dan peralatannya.
Dapur adalah tempat dimana Anda menghabiskan banyak kegiatan. Bak pencuci piring, keran air, teko air panas, kenop kompor gas dan microwave, pintu lemari es, dan beberapa peralatan lainnya perlu dibersihkan secara berkala.

8. Peralatan elektronik.
Remote maupun perangkatnya (televisi, DVD player, AC, CD player), juga ponsel, adalah tempat kuman berkumpul. Bayangkan bila ponsel itu Anda bawa kemana-mana, dari restoran, ke meja rias di toilet, lalu kembali ke meja makan....

9. Gagang shower dan keran air.
Segala hal yang Anda gunakan di dalam kamar mandi penuh dengan kuman. Selain shower, juga flush di toilet. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu mencuci tangan setelah Anda beraktivitas di dalam toilet atau kamar mandi.

10. Pintu mobil dan rem tangan sepeda motor.
Tidak bisa disangsikan lagi kalau ini adalah sarang kuman yang paling banyak. Apalagi jika Anda menempuh perjalanan yang cukup jauh. Begitu Anda singgah di suatu tempat untuk makan, jangan lupa untuk mencuci tangan.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SourceFlame |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.