10 Benda Misterius di Luar Angkasa

1. Neutrinos



Neutrinos ini bermuatan listrik netral, partikel yang hampir tidak bermassa ini bisa melewati konduktor tanpa rintangan. Mungkin beberapa sudah melewati tubuhmu waktu kamu baca artikel ini. Partikel ‘hantu’ ini diproduksi di bagian dalam pembakaran bintang hidup seperti pada ledakan supernova pada bintang mati. Dan dideteksi oleh detektor yang diembed di bawah tanah, permukaan 
bawah laut, ataupun gumpalan es.

2. Galactic Canibalisme



Seperti si Sumanto, galaksi bisa loh ‘memakan’ galaksi lain dan berevolusi sepanjang waktu. Tetangga galaksi kita aja, si Andromeda tuh, sekarang lagi makan satelit-satelitnya. Lebih dari selusin kumpulan bintang berhamburan di Andromeda, kosmis tersisa sebagai makanan penutup. Gambar di atas dari simulasi Andromeda dan galaksi kita bertabrakan, meskipun itu bisa terjadi kira-kira 3 juta tahun lagi.

3. Quasar



Cahaya terang yang bersinar dari ujung alam semesta yang bisa kita lihat dan mengingatkan ilmuwan tentang kelahiran alam semesta. Quasar melepaskan energi lebih dari ratusan kombinasi galaksi. Kesepakatan umumnya, quasars adalah black hole yang besar sekali di jantung galaksi yang sangat jauh.

4. Mini Black Holes



Jika teori gravitasi radikal baru “braneworld” benar, maka serpihan yang berserakan di tata surya kita bisa jadi adalah black hole kecil, masing-masing seukuran inti atom. Tidak seperti saudaranya yang besar, ini adalah sisa Big bang dan memberi pengaruh ruang dan waktu secara berbeda karena asosiasi yang lebih dekat dengan dimensi kelima.

5. Gravity Wave




Adalah distorsi di struktur ruang dan waktu menurut teori relativitas umum Einstein. Gelombang ini dipancarkan dengan kecepatan cahaya, tapi sangat lemah sehingga ilmuwan berharap untuk mendeteksi hanya yang dicipatakan selama peristiwa kosmis yang kolosal, misal penggabungan black hole.

6. Exoplanets




Sampai kira kira tahun 1990-an, planet yang dikenal adalah planet yang ada di tata surya kita. Ahli astronomi telah mengidentifikasi lebih dari 190 ekstrasolar planet (juni 2006). Mereka memulai dari yang sangat besar yang massanya sebanding dengan bintang sampai ke yang kecil sekali sebesar batu. Pencarian bumi kedua sampai kini belum berhasil, tapi mereka percaya dengan teknologi yang lebih canggih pada akhirnya akan mengungkap dunia yang mirip dengan bumi kita.

7. Dark Matter



Ilmuwan berfikir inilah penyusun materi yang ada di alam semesta, tapi tidak bisa dilihat ataupun dideteksi menggunakan teknologi yang ada sekarang.

8. Cosmic Microwave Background



Dikenal dengan CMB, radiasi ini adalah sisa dari Big Bang. Pertama dideteksi 1960an sebagai noise yang muncul dari segala arah di luar agkasa. Dianggap sebagai bukti terbaik peristiwa Big Bang. Saat ini ukuran yang tepat dengan proyek WMAP menempatkan CMB temperatur pada -270 derajat Celsius.

9. Antimatter



Ini nih yang diributin di novelnya Dan Brown Angel Demon, seperti superman alter-ego, Bizzaro, partikel penyusun materi normal juga memiliki versi kebalikan. Misal, elektron memiliki aliran negatif, antimeternya, positron, aliran positif. Materi dan anti materi saling meniadakan saat mereka bertubrukan dan massanya diubah menjadi energi murni dengan persamaan Einstein E=mc2. Beberapa spacecraft di masa menatang didesign dengan engine anti-materi.

10. Vacuum Energy

*belum ada gambar pasti*

Fisika quantum mengatakan bahwa bertentangan dengan tampilan, ruang hampa adalah bubbling brewnya partikel sub atom yang diciptakan dan dihancurkan secara konstan. Partikel yang melayang memberikan setiap sentimeter kubik ruang dengan energi tertentu yang menurut teori relativitas umum menghasilkan tenaga anti-gravitasi yang mendorong ruang untuk mengembang, Cuma yang sampai sekarang tidak bisa dijawab, darimana asal akselerasi kecepatan itu berasal.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 SourceFlame |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.